LEWOLOBA, Lembata.faktahukumNTT.com, 20 Maret 2023

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Katolik (Penkat) Kabupaten Lembata menggelar Kegiatan Penyusunan Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Kamis 16 Maret 2023 yang lalu.

Kegiatan yang berlangsung di Aula SMAN 2 Nubatukan tersebut didukung oleh Seksi Pendidikan Katolik, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lembata. Turut hadir dalam kegiatan tersebut seluruh Guru Agama Katolik tingkat Sekolah Menegah Atas baik Negeri maupun Swasta.

Dalam sambutan pembukanya, ketua MGMP tingkat SMA Ignasius Satel S.Fil mengatakan bahwa para guru pengampu Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik (PAK) telah memiliki kompetensi dan kapabilitas yang mumpuni dalam menyusun dan menelaah soal-soal USBN untuk PAK. Namun, imbuhnya, para guru juga harus menyadari bahwa proses penyusunan soal-soal USBN merupakan bagian dari ujian untuk menghasilkan soal yang bermutu.

“Penyusunan soal ini adalah proses, tetapi eksistensi keprofesionalan kita sebagai guru sebenarnya sedang diuji dan itu sangat bergantung seberapa jauh kualitas soal yang dihasilkan terkait objektivitas dan kualitasnya yang dapat memberikan dampak yang bisa terukur secara baik oleh peserta didik,” ujar Ignasius.

Lebih lanjut, terang Ignasius , dalam proses penyusunan soal, para guru harus memperhatikan dengan baik semua indikator yang tertera, sehingga mampu merumuskan dan menghasilkan soal yang berkualitas.

Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami Subscribe

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.